Fathor Rahman MD

hidup yang tak dipertaruhkan, tak akan dimenangkan

Saya Bukan Sok Idealis

Seorang teman pernah berkomentar di jejaring sosial “mengapa saya tidak menulis puisi”. Tiba-tiba seorang teman yang lain ikut nimbrung berkomentar, “karena menghindari pemuatan yang hanya seminggu sekali”. Jelas pernyataan teman yang kedua itu adalah asumsi yang tidak mendasar. Dan saya pikir pernyataan tersebut tidak cukup hati-hati diutarakan. Setidaknya saya menangkap kesan di balik pernyataan teman yang kedua itu, saya menulis karena tujuan di muat di koran. Itu adalah pernyataan yang salah total.

Di lain sisi, pernyataan tersebut seolah menyudutkan saya dalam kesadaran pragmatis dalam menyelami dunia tulis-menulis. Karena kalau tujuan menulis hanya untuk dimuat di koran, jelas sekali saya adalah orang yang selalu menginginkan honor dari tulisan-tulisan saya. Karena koran menyediakan honor untuk penulis dari luar keredaksian. Sedangkan penulis yang hanya memposting tulisannya di blog tidak mendapat honor. Sepakat atau tidak, kenyataan tersebut tengah berlangsung di lingkungan saya saat ini.

Di tempat yang lain, pada suatu sore yang cerah, akhir juni lalu, seorang teman yang mengutarakan asumsi tersebut juga pernah berkata padaku, “mengapa kamu idealis tidak mau menulis buku-buku proyek?” Waktu itu saya tidak banyak komentar kecuali berujar, “siapa bilang aku idealis?” Dari dua kenyataan tersebut saya menangkap sebuah penilai atas diri saya selama ini yang “miring”. Penilaian yang tidak didasarkan pada kebenaran apa yang saya pikirkan dan menimpa diri saya.

Dalam catatan ini saya akan mengutarakan alasan saya mengapa tidak menulis puisi dan tidak menulis buku-buku proyek. “Saya tidak menulis puisi dan buku-buku proyek karena saya tidak bisa”. Bukan karena saya idealis, seperti pandangan banyak teman di lingkungan saya. Saya ingin juga seperti kalian, menulis buku dan menulis puisi. Tapi setiap kali saya mencoba, saya selalu tidak percaya diri dengan apa yang saya hasilkan. Tidak ada landasan nilai lain di luar ketidakpercayaan diri saya. Itu saja.

Krapyak Wetan, 18-Juli-2011

Tinggalkan Balasan

Information

This entry was posted on Juli 18, 2011 by in Uncategorized.
